Minggu, 01 Januari 2012

SM*SH

SM*SH merupakan sebuah grup musik asal Indonesia yang dibentuk oleh Starsignal pada tanggal 10 April 2010. Grup musik ini beranggotakan 7 orang yaitu Rafael, Rangga, Morgan, Bisma, Dicky, Reza, dan Ilham. Genre musik yang mereka bawakan adalah pop-dance. Nama SM*SH yang merupakan singkatan dari "Seven Men as Seven Heroes" memiliki arti heroes maksudnya mereka ingin menginspirasi anak muda untuk berkreasi yang positif. Huruf "A"-nya menggunakan simbol bintang karena terinspirasi dari nama managemen SM*SH yaitu Starsignal. Saat ini SM*SH juga bekerja dibawah perusahaan rekaman "Ancora Music" sejak pertengahan 2011.Album studio pertamanya yang telah dirilis sampai ke mancanegara bertajuk seperti nama boybandnya sendiri yaitu SM*SH yang telah memunculkan tiga singel yang sukses termasuk I Heart You. Boyband SM*SH membuat industri musik Indonesia menjadi berubah sepanjang tahun 2011 yang awalanya beraliran pop-melayu dan umumnya dibawakan oleh grupband kini didominasi aliran pop-dance/electro yang dibawakan oleh boyband bahkan girlband baru.

Biografi

2010: Awal pembentukan

SM*SH pada awalnya beranggotakan 3 orang yaitu Dicky, Ilham, dan Reza. Lalu Morgan dan Bisma masuk, lalu disusul oleh Rangga dan Rafael. Kebanyakan dari mereka bermula dari dancer, ada juga yang mempunyai latar belakang penyanyi, dan beberapa personel lainnya yang pernah ikut bermain band. Oleh Starsignal, mereka dimasukkan dalam training camp. Disini mereka diasah kemampuannya dalam hal menyanyi dan menari. Mereka dibekali pula dengan ilmu public speaking. Training camp ini berlangsung selama 5 bulan. Awal terjun ke dunia hiburan, SM*SH mengikuti ajang kompetisi dance yang diadakan oleh Cinta Laura, mereka juga menjadi dancer dalam singelnya. Kemudian pada bulan Oktober 2010, debut singel pertama SM*SH dirilis. Singel tersebut berjudul "I Heart You". Lagu ini juga dirilis ulang dan diaransemen oleh artis Opera Van Java bersama dengan Adul yang bernama "SM#SH" (dibaca smosh) dan berganti judul menjadi "Cenat Cenut".

2011-sekarang: Cinta Cenat Cenut & SM*SH

Cinta Cenat Cenut adalah serial televisi pertama yang dibintangi oleh para anggota SM*SH sendiri dan mereka menjadi pemeran utama dalam serial ini. Sinetron ini ditayangkan di Trans TV sejak tanggal 18 Februari 2011, dalam berakting SM*SH bergabung bersama artis lainnya seperti Natasha Rizki dan Zaneta Georgina. Boy band yang pernah menyanyikan lagu Take a Bow milik Rihanna pada siaran langsung di radio ini, juga mulai mendapatkan kontrak iklan dari "Kartu As Know Me So Well" Telkomsel, mereka juga menjadi bintang iklan Sosis So Nice.10 April 2011 mereka merayakan ulang tahun Sm*sh untuk pertama kalinya di acara Hip Hip Hura Tolak Angin Karnaval SCTV 2011 yang berlangsung di lapangan Lumintang Denpasar, Bali. Para penggemar Sm*sh (Sm*shblast) tetap histeris berteriak sekuat tenaga ikut menyanyi dan melompat walaupun saat itu di tengah hujan lebat. Pada 6 Maret 2011, Sm*sh merilis singel keduanya yang berjudul "Senyum Semangat", mereka pertama kali menampilkan secara langsung lagu yang berjenis musik electronica/eurodance ini pada acara musik "Inbox" SCTV, alhasil lagu ini menempati tangga lagu teratas Indonesia.
Dalam acara ajang peghargaan musik Indonesia, SCTV Music Awards 2011, Sm*sh tidak masuk dalam nominasi karena band ini baru naik daun pada tahun 2011, namun SCTV mengundang Sm*sh untuk membacakan nominasi "Album Pendatang Baru Duo/Grup". Mereka juga membawakan debut single utamanya yang bertajuk I Heart You, lagu ini dinyanyikan bersama penyanyi solo Afgan, selain itu mereka juga menyanyikan lagu Senyum dan Semangat. Pada acara peluncuran website resmi untuk mempersatukan para fans mereka (Sm*shblast) www.smashblast.co.id, mereka menyatakan akan menyelesaikan album studio pertamanya yang akan berisi 9 lagu di dalamnya. Pada 26 Juni 2011, SM*SH merilis studio album pertamanya yang bertajuk SM*SH yang diberi nama seperti namanya sendiri atau biasa disebut selftitled. Album tersebut berisi 10 lagu yang termasuk 4 lagu daur ulang. Album perdana SM*SH yang juga dijual melalui gerai KFC, sudah terjual hingga 600 ribu keping selama tiga bulan. Dalam sehari, rata-rata album SM*Sh laku terjual 500 CD. SM*SH juga termasuk musisi yang sukes menjual albumnya di gerai KFC seperti Cinta Laura, Indah Dewi Pertiwi, dan Agnes Monica.
Pada bulan Oktober, SM*SH merilis album perdana mereka tersebut di Malaysia dan Singapura untuk mencapai kesuksesan di luar negeri khususnya Asia Tenggara. Pada 30 Oktober 2011, SM*SH mengadakan konser mini yang bertajuk "SMASH Untukmu Indonesia". Konser ini diadakan di Arena Sports Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, mulai pukul 16.00 WIB selama 2 jam pertunjukan. Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda, SMASH akan mengingatkan dan menggali kembali nilai-nilai nasional yang oleh sebagian orang dianggap usang. Setelah sukses dalam drama musikal Cinta Cenat Cenut yang ditayangkan pada awal tahun 2011, kini SM*SH kembali berakting dalam serial Cinta Cenat Cenut 2. Drama tersebut mulai ditayangkan di TransTV pada 3 Desember, pukul 20.30 WIB.
Dalam konser ulang tahun Trans Corp ke-10 yang bertajuk "Dekade Trans Untuk Indonesia" yang mengusung tema digitalis dan futuristik dengan konsep multimedia, SM*SH tampil kedua membawakan medley lagu "Inikah Cinta" dan "Senyum Semangat" dengan baju-baju lampu futuristik yang semarak dalam tata lampu. Setelah CD original album studio pertamanya terjual satu juta kopi dalam waktu 6 bulan setelah perilisan, SM*SH mendapatkan penghargaan berupa plakat "1 Million Award" dari Ancora Music.  Dalam tahun 2012, SM*SH rencananya akan promo album studionya ke luar negeri dengan album repacked yang terdapat 3 lagu baru.

0 komentar:

Poskan Komentar